Tips Mengatasi Stres Saat Menganggur

Tips Mengatasi Stres Saat Menganggur

Belum bekerja maupun di-PHK memang bikin perasaan gundah. Apalagi jika melihat keluarga ikut prihatin. Mengelola emosi saat menganggur sangat penting, agar semangat hidup tetap menyala dan Anda dapat melewati masa-masa sulit atau periode jobless tersebut. Don’t worry be happy, berikut ini akan diberikan tips cerdas mengatasi stress saat menganggur:

1. Rileks. Sambil terus berusaha mencari pekerjaan, nikmati hikmah di balik status Anda sebagai pengangguran. Misalnya, Anda tidak perlu bangun pukul 5 pagi, bisa pergi ke mal kapan pun, walau Cuma window shopping :)   Ada juga bisa menambah wawasan dengan membaca buku sebanyak mungkin.

nikmati hikmah di balik status Anda sebagai pengangguran

2. Beredar! Memang sih, penginnya nggak banyak orang yang tahu status Anda sebagai pengangguran. Tapi, bukan berarti Anda harus menghindari mereka. Anda kan membutuhkan networking untuk dapat pekerjaan baru. Menghadiri reuni teman SMP atau pesta pernikahan teman yang dihadiri banyak orang penting, wajib hukumnya! Siapa tahu Anda mendapat pekerjaan dari salah satunya.

3. Kerja Sosial. Jangan hanya mendekam di rumah, menyesali nasib. Sebaliknya, habiskan waktu Anda dengan melakukan kegiatan positif, termasuk menjadi sukarelawan di bidang sosial yang membantu anak-anak putus sekolah. Jaringan sosial Anda makin luas, keahlian Anda bersosialisasi terasah, daftar pengalaman di CV makin menarik.

Kerja Sosial membantu anak-anak putus sekolah

4. Menjalankan Hobi. Mumpung belum bekerja saatnya Anda menekuni hobi, apalah yang bisa mendatangkan penghasilan. Bagi Anda yang suka fotografi, coba deh, kemampuan Anda dengan membidikkan objek-objek menarik di dekat tempat tinggal. Kalau punya imajinasi luas, tuangkan menjadi cerpen. Setelah itu kirimkan ke majalah. Syukur-syukur dimuat dan Anda dapat honor.

5. Lebah Sehat. Kali ini, nggak ada alasan untuk melewatkan olah raga alias menjalankan pola hidup sehat. Dengan waktu yang ada, Anda bisa jogging ke taman atau berenang secara rutin. Asyiknya lagi, berhubung jarang bepergian dan kantong kemps, kebiasaan jajan Anda berkurang. Begitu dapat pekerjaan, tubuh pun sudah terbiasa aktif bergerak.

Bereksperimen Untuk Wirausaha

6. Bereksperimen Untuk Wirausaha. Sambil menunggu diterima bekerja, Anda bisa mengisi waktu luang Anda dengan bereksperimen wirausaha. Banyak jenis wirausaha yang bisa Anda pelajari dan coba. Siapa tahu usaha Anda berkembang pesat sehingga dapat memberikan penghasilan yang besar, sehingga Anda tidak perlu lagi melamar perkerjaan ke sana kemari.