Tips Menjaga Kesehatan Anatomi Wanita

Tips Menjaga Kesehatan Anatomi WanitaAnatomi tubuh wanita yang berbeda dengan pria menjadi faktor utama dalam cara menjaga kesehatan, terutama yang terkait dengan kesehatan alat reproduksi. Payudara, sebagai salah satu organ intim wanita, sangat rentan terkena penyakit, sehingga harus dijaga kesehatannya. Agar terhindar kanker, salah satu penyakit yang menjadi momok bagi wanita

– Menjaga berat badan stabil
Obesitas merupakan salah satu pemicu gangguan kesehatan seperti serangan jantung. Berat badan yang tidak terkontrol atau melebihi batas normal juga bisa memicu timbulnya kanker payudara. Oleh karena itu, kita perlu menjaga berat badan di angka yang normal agar sel-sel kanker tidak muncul dan membahayakan kesehatan payudara. Pertahankan berat badan yang normal dengan konsumsi makanan berserat atau melakukan olahraga secara rutin.

– Memeriksakan diri
Tips kesehatan wanita yang kedua adalah untuk secara rutin memeriksakan diri ke dokter atau mengecek sendiri. Dengan meraba, pastikan bahwa tidak ada benjolan mencurigakan yang menimbulkan rasa nyeri di daerah sekitar payudara dan ketiak. Jika ada benjolan, jangan menunda-nunda berkonsultasi ke dokter agar bisa mendapatkan penanganan sedini mungkin. Selain itu, riwayat kesehatan keluarga juga perlu diketahui. Lakukan general check up secara rutin karena orang dengan anggota keluarga yang menderita kanker payudara memiliki resiko yang lebih tinggi.

– Menghindari alkohol dan makanan berlemak
Khusus bagian ini jelas merupakan tips kesehatan bagi wanita muslim, karena perempuan merokok dan minum minuman beralkohol adalah haram hukumnya. Rokok dan alkohol merupakan salah satu musuh utama bagi kesehatan, termasuk kesehatan payudara. Jangan abaikan peringatan yang terdapat pada kemasan rokok, karena nikotin dan zat berbahaya lain pada rokok bisa memicu kanker. Begitu pula dengan konsumsi minuman alkohol yang melebihi batas. Wanita yang mengonsumsi dua gelas alkohol per hari memiliki resiko gangguan kesehatan payudara hingga 21% lebih tinggi dibanding yang tidak minum alkohol. Wine atau minuman anggur memang lebih minim resiko, tapi akan jauh lebih baik jika kita tidak mengonsumsi alkohol terlalu sering.