Tips Berbelanja Elektronik Di Singapura

Tips Berbelanja Elektronik Di SingapuraSingapura, manjadi salah satu tujuan wisata dan juga merupakan tempat yang bagus untuk berbelanja. Selain barang bermerek (branded), barang elektronik merupakan barang yang diincar para wisatawan. Mengapa ? Karena selain kita bisa membeli barang yang belum dijual di Indonesia, harga barang elektronik di Singapura umumnya lebih murah, dan kita juga bisa mendapatkan potongan pajak (GST) sekitar 5% sehingga total harganya menjadi jauh lebih murah dari di Indonesia. Bahkan kalau dihitung, dengan membeli beberapa barang selisihnya sudah bisa menutup biaya tiket Jakarta-Singapura PP.

Tapi ingat membeli barang elektronik di Singapura anda perlu ekstra hati-hati. Beberapa hari ini kita mendengar berita turis Vietnam yang tertipu dengan penjual barang di Sim Lim Square. Hal ini karena kekurang pahaman pembeli, sehingga bisa tertipu oleh penjual.

Berikut ini kami akan  memberikan beberapa tips untuk membeli barang elektronik di JJH-lovers:

– Bandingkan harga dan spesifikasi barang. Pastikan kita mengetahui tipe dan harga jual di Indonesia secara pasti. Jangan berdasarkan perkiraan tipe ini lebih bagus atau lebih mahal dari barang yang kita incar. Search di google, bandingkan dengan bhinneka.com untuk memastikan harga di Indonesia/harga pasar. Jika hanya beda sedikit, sebaiknya beli di Indonesia, karena mudah untuk mengurus garansinya.

– Pastikan memiliki international warranty. Sehingga saat Anda membawa ke tanah air, dan mengalami masalah, Anda mendapatkan dukungan teknis di Indonesia, dan tidak perlu kembali ke Singapura hanya untuk claim garansinya.

– Hanya beli di toko terpercaya. Hindari membeli di toko-toko kecil di Sim Lim Square, Lucky Plaza, usahakan membeli di toko besar seperti Apple authorized reseller (Epicentre, iStudio, Newstead), jaringan elektronik besar seperti Challenger, atau setidaknya di toko-toko resmi yang berada di mall besar.

– Tanyakan GST Refund. Sebelum transaksi tanyakan kepada penjual bahwa Anda ingin melakukan proses pengembalian pajak GST. Biasanya ada beberapa informasi yang perlu dilengkapi.

– Cek kondisi barang. Pastikan barang sesuai dengan yang diminta, kelengkapannya (memory card/batterai/dll), kondisi masih baru. Jangan mudah terpengaruh dengan tawaran tambahan garansi atau paket2 tambahannya. Jangan sungkan untuk menanyakan harga finalnya. Resiko ini dapat diminimalisir jika Anda membeli di toko terpercaya.

– Tidak ada salahnya menawar. Walaupun di toko besar, tidak ada salahnya mencoba menawar, atau meminta bonus tambahan. Yah namanya juga usaha
Special Promo saat exhibition. Saat ada pameran, atau promo kartu kredit tertentu atau acara tertentu maka diskon yang diberikan biasanya cukup besar, manfaatkan kesempatan ini. Cek di internet dimanakah ada pameran / exhibition.

– Beli online. Untuk barang yang tidak ready stock (seperti iphone6 saat ini), kita dapat memesan online dan menitipkan delivery nya ke alamat rekan kita yang tinggal di Singapura. Setelah barang sudah datang, tinggal beli tiket dan jemput ke sana.