Ini Dia Tips Rencana Pendidikan Anak Yang Baik

Ini Dia Tips Rencana Pendidikan Anak Yang BaikBerikut ini beberapa hal yang perlu diingat ketika mempersiapkan pendidikan buah hati Anda:

– Memulai menabung sejak dini
Mulailah menabung untuk pendidikan anak seawal mungkin. Semakin dini Anda memulai perencanaan pendidikan anak, semakin banyak waktu yang Anda miliki untuk mengumpulkan dana yang dibutuhkan.

– Kebutuhan tambahan selain biaya kuliah

Selain biaya kuliah dan buku, perhitungkan juga biaya perjalanan selama sekolah anak Anda ketika mereka berlibur. Pada umumnya, biaya kuliah hanya 1/3 dari biaya total tahunan, terutama bila anak Anda memiliki hobi, seperti olahraga.

– Mengetahui kualifikasi pendidikan berbagai universitas ternama sejak jauh hari

Setiap negara memiliki sistem pendidikan dan kurikulum yang berbeda. Hal ini mempengaruhi kesempatan anak Anda diterima di universitas terbaik di negara itu. Ia mungkin perlu bersekolah di boarding school terlebih dahulu untuk penyetaraan edukasi. Tentunya, biaya keseluruhan yang harus Anda tanggung dapat jadi meningkat tajam.

– Alternatif lain untuk mendanai pendidikan anak Anda

Banyak universitas menawarkan beasiswa untuk prestasi akademik, olahraga, maupun seni. Walaupun jumlahnya beragam, pada umumnya beasiswa tidak menanggung seluruh biaya. Beberapa sekolah juga menawarkan bursaries, beasiswa untuk membantu keluarga dengan pendapatan menengah ke bawah.

– Membandingkan beberapa rencana pendidikan

Membandingkan beberapa rencana atau skenario pendidikan akan membantu Anda menentukan rencana yang paling sesuai dengan anak Anda. Cara ini juga memberi Anda gambaran nyata untuk setiap rencana pendidikan yang Anda buat.

– Tempat tinggal di dalam atau di luar kampus

Bila anak tinggal di dalam kampus, contohnya asrama, perjalanan pergi dan pulang sekolah akan sangat praktis, hemat waktu dan uang. Ia tidak perlu mengemudi ke sekolah, mencari tempat parkir, dan sebagainya.

Jika anak Anda tinggal di luar kampus, pertimbangkan untuk membeli kondominium atau rumah kecil daripada mengontrak. Uang sewa dari teman sekamar anak dapat mengurangi pengeluaran Anda. Ketika Anda menjual kembali properti Anda ini, biasanya nilai jualnya akan naik, terutama jika lokasinya strategis atau dekat dengan sekolah.