Tips Mengatasi Dan Mendidik Anak Manja Agar Dapat Mandiri

Tips Mengatasi Dan Mendidik Anak Manja Agar Dapat MandiriBeberapa kesalahan yang biasanya dilakukan orang tua adalah sering melayani anak untuk menyelesaikan keperluannya. Metode melayani inilah yang nantinya akan membuat anak cenderung manja dan enggan mandiri. Hal ini bisa terjadi dikarenakan orang tua cenderung merasa khawatir. Entah itu tidak beres, berantakan, terlalu lama dan lain sebagainya, sehingga orang tua akan mengambil jalan pintas yaitu melayani anak biar semuanya cepat terselesaikan. Berikut Tips Mengatasi Dan Mendidik Anak Manja Agar Dapat Mandiri:

–┬áKOMPAK DENGAN SEMUA PIHAK
Kita sering berusaha untuk tidak memanjakan anak, namun terkadang kakek, nenek, sanak saudara atau baby sitter cenderung memanjakan anak anda. Tentu saja, perilaku tersebut akan membuat usaha kita sia-sia dan anak akan tetap manja, sehingga sebuah metode yang tepat adalah membuat semua elemen yang mendidik anak menjadi kompak. Ajaklah semua sanak saudara yang dirasa cukup dekat kepada anak untuk terus kompak tidak memanjakannya dan kemudian memberikan didikan yang tepat.

– MENJAGA KESABARAN
Para orang tua sebaiknya mulai bersabar terutama ketika anak melakukan aktivitasnya dalam tempo yang lumayan lama.Tunggulah hingga anak bisa menyelesaikan masalahnya sendiri dan jangan memarahi anak ketika anak tidak mampu menyelesaikan masalahnya.

– BERKOMUNIKASI DENGAN ANAK
Sebaiknya orang tua harus bisa menjalin komunikasi dengan anak secara baik. Hal yang mesti bisa dilakukan orang tua yaitu memberikan motivasi dan arahan kepada anak. Gunakanlah bahasa-bahasa yang terkesan menyuruh dengan gaya bahasa lainnya namun bisa memotivasi anak.

– HARUS KONSISTEN
Konsisten harus ada dalam diri orang tua terutama ketika anak sudah merasa bosan, anak merasa tidak mampu, anak cepat putus asa, anak tidak mau melakukan dan lain sebagainya. Orang tua harus kreatif dan cerdas sehingga anak akhirnya mau melakukannya sendiri.

– MEMEBERIKAN PENGHARGAAN
Salah satu hal yang mesti dilakukan yaitu memberikan apresiasi kepada anak atas jerih payahnya. Salah satu contoh penghargaan sederhana yang bisa kita berikan yaitu ciuman ataupun pelukan. Hadiah-hadiah yang lain juga bisa kita berikan sesuai dengan prestasi anak.

Perlu digaris bawahi dan kita ketahui bersama bahwa menyuruh anak melakukan sendiri yang menjadi kebutuhannya bukan berarti orang tua tidak sayang kepada anak. Akan tetapi hal tersebut merupakan bentuk kasih sayang orang tua yang sesungguhnya. Tapi perlu diingat juga bahwa tidak boleh ada kekerasan dan pemaksaan kepada anak.