Wow, Ini Tips Sederhana Menghilangkan Tampilan Bekas Luka Di Wajah

Wow, Ini Tips Sederhana Menghilangkan Tampilan Bekas Luka Di WajahBekas luka karena jerawat, jarum suntik, alergi dan lainnya memang sulit dihilangkan. Masih sedikit perawatan yang terbukti ampuh menyamarkan noda tersebut. Kalaupun ada, biasanya harganya cukup mahal dan menguras kantong.

Berikut tips sederhana mengurangi tampilan noda luka yang membandel di wajah.

– Bersabar

Bekas luka yang disebabkan sesuatu jelas membutuhkan waktu penyembuhan yang tidak sebentar sehingga diperlukan kesabaran dan ketenangan dalam mengatasinya.

“Tubuh memiliki cara alami menyembuhkan bekas luka, termasuk memproduksi kolagen serta proses perawatan. Tunggu tiga sampai empat minggu sebelum memulai perawatan,” ungkap Joseph Rucker, pakar kecantikan berbasis bedah kosmetik.

 – Gunakan tabir surya dengan SPF tinggi

Paparan sinar matahari tidak hanya merusak kulit, tapi juga memperburuk kondisi bekas noda dan membuatnya nampak lebih hitam. Sel yang memproduksi pigmen kulit menjadi sangat aktif selama proses penyembuhan dan memproduksi pigmen lebih banyak diluar batas normal. Hal ini yang menyebabkan bekas luka mudah menghitam. Gunakan tabir surya dengan kandungan SPF (Sun Protection Factor) minimal 30 di seluruh area wajah.

– Terapkan bahan lembut perawatan kulit

Kandungan zat keras pada produk perawatan wajah bisa memperburuk bekas luka. Rucker menyarankan produk pembersih wajah dengan ekstrak tumbuhan alami seperti Enza Essentials berbasis pelembap mineral atau ekstrak lidah buaya dan bunga chamomile.

– Hindari vitamin E dan cocoa butter

Walaupun terbuat dari bahan alami, vitamin E dan cocoa butter tidak cukup baik menyembuhkan bekas luka. Selain itu, ada beberapa perawatan tersebut yang dirancang secara spesifik justru menonjolkan bekas luka.

– Gunakan aktivator sel

Secara rutin aplikasikan alat kecantikan pada wajah seperti kombinasi produk dengan kandungan sel aktivator layaknya krim stem cell yang berfungsi mengurangi bekas luka dan kemerahan pada wajah.

– Pilih produk riasan wajah mengandung mineral

Menutupi bekas luka bisa dilakukan dengan menggunakan riasan wajah, namun hanya bersifat sementara. Menumpuk terlalu banyak produk hanya berujung pada penumpukan kotoran serta menutupi pori-pori yang membuat area bekas luka semakin menyebar. Pilih produk riasan wajah yang benar-benar mengandung mineral dengan hasil matte dan natural.

– Konsultasi ke dokter ahli

Cara terbaik dibanding mencoba berbagai macam produk yang bisa saja berakibat alergi. Rucker menyarankan Anda berkonsultasi ke dokter ahli atau pakar farmasi. Biasanya apoteker akan memberikan resep krim steroid pencerah untuk menyembuhkan bekas luka, konsentrasi zat paad krim tersebut nisa mengurangi kemerahan dan peradangan luka.