Tips Merawat Pisau Dapur Tetap Tajam

Tips Merawat Pisau Dapur Tetap TajamKenali selalu jenis kegunaan dari masing-masing pisau

Untuk sebagian besar kalangan perempuan dan ibu rumah tangga yang memiliki kegemaran membuat masakan di rumah, pisau dapur merupakan salah satu peralatan andalan.

Tentunya diperlukan cara perawatan yang sangat baik supaya pisau tersebut dapat terus digunakan dan terhindar dari karat.

Seperti dikutip dari laman sheknows, berikut ini ada sejumlah tips dalam menyimpan dan memberikan perawatan pisau dapur supaya awet dan tajam.

– Gunakan selalu pisau sesuai dengan kebutuhan dan kenali selalu jenis kegunaan dari masing-masing pisau.

– Biasakan untuk selalu mencuci pisau setelah digunakan untuk memotong bahan makanan yang mengandung asam agar warna pisau tidak berubah.

– Untuk gagang pisau yang terbuat dari kayu, usahakan agar tidak basah terlalu lama karena bisa menyebabkan pisau menjadi cepat lapuk.

– Bersihkan lebih dahulu pisau yang telah lama disimpan dengan kain lap bersih untuk menghindari kuman atau bakteri yang mungkin mengkontaminasi.

– Saat mengasah pisau dengan batu pengasah, usahakan gerakannya searah karena jika dilakukan dengan berlainan arah, maka pisau akan menjadi tumpul.

– Untuk menghilangkan noda karat, gunakan cairan pembersih atau braso. Setelahnya, langsung cuci bersih pisau dan keringkan.