Tips dan Cara Bersihkan Dapur dari Bakteri

Tips dan Cara Bersihkan Dapur dari BakteriTahukah Anda, ada begitu banyak bakteri yang bersarang di setiap jengkal dapur kita.

Bayangkan saja ada sekitar seribu bakteri di setiap inci persegi lantai dapur lho. Belum lagi yang ada di spons cuci piring yang bisa mencapai 135 ribu bakteri per inci persegi serta 500 ribu bakteri setiap inci persegi di bak cuci piring.

Jumlah yang mengerikan bukan? Agar kesehatan keluarga terjaga, ada baiknya kita membersihkan dapur dengan baik secara rutin dan berkala, seperti tips yang kami sarikan berikut ini.

Peralatan yang diperlukan:
1. Kain pembersih
2. Deterjen pakaian
3. Sabun cuci piring
4. Spray anti bakteri
5. Baking soda
6. Sikat

Langkah pembersihan:
1. Keringkan spons cuci piring setelah digunakan. Gunakan air panas untuk mencuci dan biarkan spons benar-benar kering sebelum menggunakannya kembali. Jika memungkinkan, Anda bisa mensterilkan spons dengan merendam spons dalam mangkuk lalu memasukkannya dalam microwave. Pastikan kalau spons yang akan disterilkan tak mengandung unsur logam.

2. Cucilah lap piring dengan deterjen serta air panas setiap kami selesai digunakan. Jemur hingga kering dengan sempurna.

3. Semprotkan permukaan dapur dengan penyemprot disinfektan serta bersihkan dengan kain atau tisu makan. Selalu bersihkan bagian dalam microwave, laci serta kulkas serta permukaan dapur lainnya. Gunakan penyemprot disinfektan setidaknya sehari sekali untuk membersihkan permukaan dapur.

4. Bersihkan talenan dengan air sabun panas setiap selesai dipakai dan bilas dengan sempurna. Keringkan talenan sebelum dipakai kembali. Untuk menghindari kontaminasi silang gunakan talenan terpisah untuk daging, ikan serta roti.

5. Taburkan baking soda pada saluran cuci piring dan saluran air. Gunakan air panas serta sikat untuk menggosok tempat cuci piring kemudian tuangkan air panas.

6. Campurkan larutan pemutih pakaian dan air dengan perbandingan 1:9. Larutan ini bisa digunakan untuk mensterilkan lantai dapur, jangan lupa gunakan sarung tangan sebelum membersihkan. Setelah disterilkan, keringkan permukaan lantai dengan kain hingga tak tercium lagi bau pemutih pakaian.