Trik Mendesain Craft Room

 

Trik Mendesain Craft RoomPotongan-potongan pita, sisa-sisa kain, manik-manik, dan pola gaun yang menumpuk serta berantakan. Jika keterangan tersebut cocok dengan ruang kerajinan (craft room) Anda, maka mungkin sudah waktunya untuk sebuah transformasi. Berkat munculnya berbagai situs dan minat baru dalam ide-ide kerajinan buatan sendiri, tampaknya setiap rumah kini memiliki area darurat kerajinan sendiri di rumah.

Ketika Anda sedang terlibat dalam sebuah pekerjaan kerajinan, Anda mungkin cenderung untuk tidak membuang bahan-bahan yang tidak terpakai. Namun saking banyaknya barang yang menumpuk malah bisa jadi memenuhi ruangan dan terlihat berantakan, oleh karena itu sebaiknya Anda mempertimbangkan untuk membuat kamar kerajinan Anda sendiri. Berikut tips yang bisa Anda lakukan dalam mendesain craft room Anda.

Pilih ruangan yang akan dipakai

Sebaliknya, pilih salah satu sudut kecil rumah Anda misalnya bagian dari rak buku. Dengan cara ini, Anda tidak selalu harus membersihkan ruang kerja Anda setelah setiap bekerja.

Investasi dalam penataan

Barang seperti tempat sampah, keranjang dan laci merupakan barang wajib-punya di ruang kerajinan. Atur barang Anda dengan membuat label dan sistem color-coding. Dengan cara ini, Anda tidak akan memiliki kesulitan menemukan hal-hal yang Anda butuhkan.

Ciptakan ruang yang luas

Workspace terbaik adalah banyak area meja atau area yang luas untuk berkarja. Bukan sebuah meja kecil tapi berikan diri Anda banyak area kerja yang luas. Jika ada pesanan atau membuat kerajinan (terutama yang berukuran kecil), memanfaatkan ruang bawah meja Anda untuk penyimpanan.

Pasang hiasan sebagai inspirasi

Meskipun sebagian besar berpendapat bahwa inspirasi terbaik terjadi di luar ruang kerja, hal terbaik justru bisa Anda rancang di ruang kerajinan untuk potensi inspirasi. Pilih warna-warna yang cerah dan berani dan menggantung papan pin untuk menempatkan dokumentasi dan foto-foto untuk proyek terbaru Anda. Ketika Anda berada di dalam ruang kerajinan Anda, jangan hiraukan apa pun di sekitar yang mungkin menghambat kreativitas Anda sendiri.