Berjalan Santai dan Latihan Aerobik Turunkan Resiko Psoriasis

 

Berjalan Santai dan Latihan Aerobik Turunkan Resiko PsoriasisMenjadi orang yang gemar berolahraga memang memiliki keuntungan bagi kesehatan. Penelitian berskala besar oleh peneliti Amerika menemukan rutin berolahraga menurunkan risiko penyakit kulit kronis bagi para wanita.

Psoriasis merupakan penyakit autoimun yang menyerang kulit yang ditandai dengan kulit bersisik dan muncul bercak kemerahan yang gatal namun menyakitkan. Penyakit ini tampaknya diwariskan dalam keluarga dan tidak menular.

Dalam penelitian oleh tim peneliti dari Brigham and Women’s Hospital, wanita yang menghabiskan dua jam per minggu untuk berjalan santai atau setidaknya empat jam per minggu melakukan aerobik menunjukkan 25-30 persen lebih rendah risiko psoriasis, bahkan setelah berat badan dan pola gaya hidupnya diperhitungkan.

“Di antara kegiatan aktif individu yang kita amati, hanya berjalan santai dan melakukan latihan aerobik atau senam yang dikaitkan dengan penurunan risiko psoriasis. Kegiatan aktif lainnya, termasuk jogging, bermain tenis, berenang dan bersepeda tidak terkait dengan risiko penurunan psoriasis,” tulis para peneliti, yang dilansir melalui Huffingtonpost