Tips Menjaga Kesehatan Mata

 

Tips Menjaga Kesehatan MataBanyak orang yang mengatakan mata adalah cermin jiwa. Namun, dalam kehidupan yang serba cepat, banyak yang jarang memperhatikan keberadaan mata mereka, meskipun mata adalah salah satu bagian yang paling penting dan sensitif dari tubuh kita.

Sejumlah pakar kesehatan mata telah banyak yang menyarankan, perlunya latihan rutin untuk meningkatkan kinerja mata dan saraf optik. Hal tersebut berujuan untuk menjaga kesehatan mata karena keduanya selalu bekerja terus-menerus sepanjang hari, kecuali pada saat tidur. Seperti dikutip dari laman Boldsky, berikut beberapa tips mudah dan efektif yang akan membantu Anda untuk menjaga kesehatan mata.

1. Orang yang bekerja terus menerus di depan komputer, harus melakukan latihan ini setiap 3-4 jam. Tahan ibu jari Anda di bawah alis dan jari telunjuk di atasnya. Dengan lembut, tekan dan luruskan alis Anda. Kemudian, gunakan ibu jari untuk memberikan pijatan lembut di sekitar mata Anda.

2. Salah satu latihan mata yang sederhana adalah dengan memutar bola mata ke arah kanan dan kiri, ke atas dan bawah. Hal ini bisa dilakukan dengan mengikuti arah jarum jam ataupun berlawanan jarum jam.

3. Gosok kedua telapak tangan selama 30 detik dan tempatkan di atas mata. Hal ini akan memberikan mata Anda relaksasi instan.

4. Cuci mata Anda dengan air bersih dua kali sehari supaya lebih santai dan meningkatkan kemampuan mata.

5. Berkedip merupakan proses relaksasi alami untuk kedua mata. Biasakan untuk berkedip setiap lima sampai enam detik.

6. Kondisi tidur nyenyak sangat penting untuk kesehatan mata. Karenanya, disarankan untuk bermeditasi selama sekitar 10 menit sebelum tidur.