Larangan – Larangan Saat Imlek

Tahun baru Imlek 2564Tahun baru Imlek merupakan salah satu bentuk perayaan yang seharusnya dijalankan dengan hati yang senang. Dalam tradisi masyarakan Tionghoa, ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan pada saat Imlek. Bukan tanpa sebab, menurut tradisi, hal-hal yang dilarang tersebut dipercaya nantinya bisa mendatangkan beberapa hal negatif sepanjang tahun. Mau tahu apa saja? Berikut adalah di antaranya.

1. Dilarang membersihkan rumah

Menyapu atau membersihkan rumah dipercaya bisa mengakibatkan tersapunya keberuntungan di tahun mendatang. Bukan hanya larangan untuk menyapu, tradisi menyebutkan bahwa sebaiknya semua perangkat rumah tangga, seperti sapu, sikat, dan lainnya juga harus disembunyikan.

2. Jauhi penggunaan benda tajam, terutama pisau dan gunting. Penggunaan kedua alat ini hari Imlek dianggap dapat menghindari keberuntungan. Karena dipercaya bisa memotong rejeki dan kebahagiaan.

3. Sebaiknya, keramas atau cuci rambut Anda satu hari sebelum hari Imlek tiba. Pasalnya, mencuci rambut saat Imlek memiliki makna mengusir semua keberuntungan sampai satu tahun ke depan.

4. Untuk mendapatkan rejeki yang berlipat, usahakan untuk melunasi seluruh hutang sebelum Imlek.

5. Hindari pula untuk meminjamkan uang pada hari itu. Jika tidak, ada kemungkinan Anda akan terus dipinjami uang oleh orang lain sepanjang tahun.

6. Sebaiknya, jangan menangis di hari Imlek, karena ini dipercaya akan berdampak negatif dan menimbulkan kesialan sepanjang tahun.

7. Dilarang untuk menceritakan tentang kesedihan dan kematian karena hal tersebut dianggap bermakna buruk dan sial.

8. Dalam soal makanan, hindari untuk untuk menyajikan bubur selama Imlek. Menurut kepercayaan, bubur merupakan lambang kemiskinan. untuk lebih baiknya, sajikan kue keranjang, jeruk, ikan bandeng sampai dengan Siu Mi.

9. Dilarang untuk duduk di kamar tidur, atau menemui siapapun di kamar tidur pada hari tahun baru Imlek. hal tersebut dianggap sebagai bentuk kesialan. Oleh karena itu, semua orang termasuk bayi dan orang tua yang sakit sekalipun, didandani dan duduk di ruang tamu pada hari Imlek.

10. Hindari bercerita tentang hantu. Hal ini dikarenakan cerita hantu memiliki hubungan dengan kematian.

11. Jangan melontarkan kata-kata kasar, karena dipercaya mencerminkan kehidupan setahun mendatang.

12. Hindari memecahkan barang, karena dianggap memecahkan berkah yang diberikan sepanjang tahun.