Tradisi yang di Lakukan Menjelang Imlek

Tradisi yang di Lakukan Menjelang ImlekKetika tahun Baru Imlek tiba. Bagi yg merayakannya, jangan lupa mempersiapkan sejumlah tradisi yg biasa dilakukan untuk menyambut tahun baru China tersebut. Parcel Imlek. Di bawah ini adalah sejumlah tradisi yg dilakukan menjelang dan selama Imlek serta berbagai makna yg tersembunyi di baliknya:

1. Menyapu rumah

Sehari sebelum Imlek Anda perlu menyapu rumah sebagai simbol membuang semua kesialan sehingga tersedia cukup ruang untuk keberuntungan. Setelah itu, jauhkan semua peralatan seperti sapu dan sikat dari jangkauan. Jangan menyapu rumah di hari pertama tahun baru karena hal itu dipercaya akan ikut menyapu semua keberuntungan.

2. Serba merah

Warna merah diasosiasikan dgn Tahun Baru China karena dipercayai sebagai warna yg ditakuti nian. Dalam mitologi Tionghoa, nian adalah sejenis mahluk buas yg hidup di dasar laut atau di gunung. Sekali pada saat musim semi atau sekitar tahun baru Imlek, mahluk itu keluar untuk mengganggu manusia terutama anak-anak.

Jika Anda memiliki pakaian merah, busana tersebut sangat baik dikenakan pada saat Imlek. Hindari pakaian bewarna putih karena melambangkan kematian.

3. Mengisi angpao

Orang yg lebih tua biasanya memberikan angpao berisi uang kepada anak-anak kecil. Anda tidak perlu memberikan uang dalam jumlah besar, namun uang yg diberikan harus berupa lembaran baru. Hindari memberikan uang logam sebagai isi angpao.

4. Nampan kebersamaan

Pada saat Imlek biasanya disajikan makanan di atas sebuah nampan berbentuk bulat atau segi delapan, yg disebut sebagai nampan kebersamaan. Isi nampan tersebut yakni permen, kacang-kacangan, biji-bijian, atau buah-buahan kering.

5. Makanan keberuntungan

Jangan lupa menyajikan makanan keberuntungan seperti mie yg tidak dipotong yg mewakili umur panjang. Siapkan pula kue bola yg menyerupai bentuk uang China zaman dulu yg mewakili kekayaan.

6. Kembang api

Kembang api merupakan salah satu pertunjukan yg sangat populer untuk memeriahkan Imlek, karena suara gaduhnya dipercaya membuat mahluk jahat ketakutan. Akan tetapi, ketika merayakannya di rumah pastikan tetangga tidak merasa terganggu dgn suara berisik yg Anda ciptakan.