Tips dan Trik Agar Lebih Sehat Di Saat Menjalani Bulan Penuh Berkah Ini

Tips dan Trik agar tampak lebih sehat di saat menjalani bulan penuh berkah ini

Mengawali bulan puasa ini perlu di simak beberapa Tips dan Trik agar tampak lebih sehat di saat menjalani bulan penuh berkah ini. Diselingi dengan itu, tidak ada salah nya sobat-sobat memberi Ucapan SMS Bulan Suci Ramadhan kepada rekan dan saudara, supaya dalam melaksanakan bulan ramadhan ini dapat berjalan dengan baik.

Back to topic,Tetap sehat dalam melakukan Puasa merupakan hal yang terlihat gampang untuk melakukan nya, tapi berat untuk melaksanakan nya, berikut ada beberapa Cara Agar Tetap Sehat Di Bulan Puasa :

Biasakan untuk selalu Happy, rasa senang menyambut dan menjalankan puasa ramadhan sangat baik juga untuk kesehatan karena dengan rasa hati yang senang epinefrin akan tereduksi, endorpin dan aktivitas glukagonpun meningkat sehingga stamina tubuh menjadi lebih kuat.

Marhaban ya Ramadhan

Jangan meninggalkan sahur, karena sahur merupakan asupan energi untuk besok disiang harinya. Menu sahur sebaiknya pilih makanan berserat dan berprotein tinggi, hindari mengkonsumsi makanan yang manis-manis terlalu banyak.

Mengawali buka puasa dengan kurma dan air madu serta jangan langsung makan berat dahulu. Hindari berbuka dengan minuman dingin atau es ( usahakan untuk minum yang hangat dulu ), Minum hangat untuk menlancarkan sirkulasi darah menjadi optimal setelah seharian berpuasa.

Kunyah makanan dengan baik agar kerja pencernaan menjadi lebih ringan. Kurangi konsumsi makanan berlemak, makanan yang diawetkan, penyedap rasa, minuman bersoda dan bumbu berbau tajam (cuka, cabe dan asam).

Malam hari usahakan untuk banyak minum air putih atau madu guna memperlancar peredaran darah dan mencegah dehidrasi

Tetap melakukan Olahraga walaupun sedikit dikurangi bebannya. Hindari Fast Food, kurangi makanan cepat saji dan gorengan. karena jenis makanan tersebut dapat menyebabkan gangguan pencernaan, nyeri di ulu hati, dan masalah berat badan.

Bulan suci Ramadhan

Konsumsilah karbohidrat kompleks, karena karbohidrat jenis ini lebih lambat dipecah oleh gula darah, sehingga tidak mengalami fluktuasi yang tinggi. Ketika gula darah stabil, ini membantu metabolisme energi tubuh. Contoh-contoh karbohidrat kompleks, diantaranya Umbi-umbian, oatmeal, nasi merah atau roti gandum.

Rajin membersihkan Gigi dan Mulut, Ketika puasa semua kegiatan makan dan minum berhenti total sehingga produksi kelenjar air liur mulut berkurang dan mulut menjadi cepat asam dan berbau. Karena itu dianjurkan untuk segera menggosok gigi sehabis makan sahur agar sisa-sisa makanan tidak membusuk di rongga mulut.

Saat Sahur, Konsumsilah sayuran dan buah-buahan dalam jumlah yang lebih banyak dibanding ketika berbuka Diusahakan mengkonsumsi gula rasa manis yang berasal dari zat-zat alami, misalnya gula aren, buah kurma, madu, atau bisa dari buah-buahan yang rasanya manis.