Tips Hemat Dan Cermat Belanja Kebutuhan Rumah Tangga

Tips cermat belanja kebutuhan rumah tangga

Biasanya, ‘pesona’ pasar atau supermarket sering kali membuat Anda tergiur untuk membeli barang kebutuhan rumah tangga yang tidak perlu. Makin sering bolak balik berbelanja, berarti makan banyak pengeluaran tak terduga yang harus Anda bayar. Berikut ini Tips cermat belanja kebutuhan rumah tangga:

1. Catatan. Buatlah catatan daftar belaja sebelum berangkat ke pasar. Dengan begitu, isi keranjang belanjaan tidak akan melenceng dan pengeluaran pun akan lebih hemat.

2. Waspada Perut Kosong. Perut kosong saat berbelanja cenderung membuat Anda lapar mata. Untuk itu, makanlah, makanlah dahulu di rumah sebelum pergi.

Menu Bulanan. Bahan makanan kering seperti beras, gula pasir, tepung terigu, teh

3. Menu Bulan. Bahan makanan kering seperti beras, gula pasir, tepung terigu, teh, makaroni, makanan kaleng, atau kopi dapat dibeli untuk persediaan satu bulan. Tujuannya agar Anda tidak boleh balik ke supermarket. Perhitungkan secara detail jumlah konsumsi keluarga per bulan agar tidak kehabisan stok di pertengahan bulan.

 4. Menu Mingguan. Dagin ayam, daging sapi atau ikan bisa dibeli mingguan. Simpan bahan-bahan ini dengan cara yang tepat di freezer.

5. Sayuran. Untuk bahan makanan segar, seperti sayuran, Anda bisa membelinya dari tukang sayur langganan. Mintalah sekaligus menyianginya.

Sayuran. Untuk bahan makanan segar, seperti sayuran,