Kerajinan Tas Dan Dompet Dari Pelepah Pisang

kerajinan-tas-dan-dompet-dari-pelepah-pisangMengingat tren dan gaya merupakan hal yang paling utama oleh kebanyakan orang utamanya para kaum hawa maka tidak heran banyak orang melakukan kreativitas walaupun hal itu terlihat unik. Seperti yang akan dibahas oleh bostips pada kesempatan ini yaitu kerajinan tas dan dompet dari pelepah pisang.

Pernakah Anda membayangkan pergi jalan-jalan bersama teman dengan menenteng sebuah tas kesayangan yang terbuat dari pelepah pisang. Bayangan awal pelepah pisang adalah sesuatu yang aneh, sama sekali jauh dari keunikan.

Pelepah pisang walaupun terlihat tidak berguna di era modern sekarang ini, namun jika diolah dan diramu sedemikian rupa maka memberikan hasil yang tidak terbanyakan seperti halnya tas dan perlengkapan lainnya yang mempunyai nilai jual.

Dalam proses pembuatan dapat dikatakan gampang-gampang susah. Selain itu tidak semua pelepah pisang dapat dijadikan bahan. Hanya jenis pelepah dari Pisang Batu, Pisang Raja Serah, dan Pisang Mas yang dapat diolah. Pelepah pisang itu terdiri dari dua lapis atau dua keping. Dua lapis itu adalah kulit luar dan kulit dalam.

Diawali dengan penjemuran pelepah pisang secara keseluruahan dari lapis pertama hingga lapis kelima. Lama penjemuran selama lima hari. Tujuan penjemuran agar warna pisang yang berwarna hijau penuh air jadi kering sama sekali, kadar air pelepah pisang berkurang. Warna teksturnya berubah dari warna hijau jadi cream.

Ketika menguliti lapisan pelepah pisang itu mudah, harus dijaga kelembabannya. Cara agar kelembapan terjaga, dengan mengelap handuk yang diberikan air. Serat dari lapis akan terbuka sedikit demi sedikit, selanjutnya dikuliti dari panjangnya lapisan itu. Perlu ketelatenan dalam pembukaan lapisan, jangan sampai robek dan tetap lembut.

Proses selanjutnya membuat pola. Pola tas dan dompet itu berbentuk kotak, sesuai dengan ukuran tas dan dompet yang diinginkan. Lalu lapisan pelepah dipotong mengikuti pola. Selanjutnya dilapisi kertas karton menggunakan bahan perekat lem agar produk itu dapat bertahan lama. Terakhir dibuatkan puring dijahit dan dipasang resleting.