Ingin Kaki Terhindar Dari Varises, Ini Tipsnya

Ingin Kaki Terhindar Dari Varises, Ini TipsnyaAnggapan pesona wanita akan lebih terpancar jika mengenakan sepatu bertumit tinggi dalam berpenampilan, bisa menjadi alasan mengapa kebanyakan penderita varises adalah kaum hawa. Tuntutan tren fashion dan gaya hidup membuat para wanita kerap mengalami penyakit yang menyerang area pembuluh darah di sekitar kaki tersebut. Ingin kaki terhindar dari varises ? Lakukan langkah pencegahan berikut.

– Pertama, selalu sesuaikan hak tinggi dengan ukuran berat tubuh Anda. Misalnya, bagi wanita dengan berat tubuh di atas 60 kg harus menghindari sepatu bertumit tinggi di atas 7 cm. Dan, bagi pemilik berat di atas 75 kg, kenakan sepatu bertumit tinggi berukuran 5 cm.

– Kedua, pilih sepatu bertumit tinggi yang tepat dan aman. Hindari sepatu bertumit tinggi model hak stiletto yang hanya mampu menopang seluruh bobot tubuh kita dengan persentase 30 persen saja pada sebuah hak runcing, tipis dan lancip. Direkomendasikan mengenakan sepatu berhak model wedges, kitten, clogs, dan platform.

– Ketiga, tambahkan ekstra pad atau bantalan pada sepatu bertumit tinggi Anda. Pilih material ekstra pad yang terbuat dari kulit asli atau sintetis gel sehingga memberikan rasa nyaman pada telapak dan otot kaki demi menghindari keletihan urat dan saraf kaki.

– Keempat, jangan berdiri terlalu lama saat mengenakan sepatu bertumit tinggi, maksimal waktu yang dianjurkan adalah 60 menit dengan ukuran hak paling tinggi 7 cm.

– Kelima, seusai beraktivitas mengenakan sepatu bertumit tinggi, berbaringlah dengan posisi kaki dan tungkai lebih tinggi dari jantung selama 20 menit.

– Keenam, perbanyak konsumsi sayuran dan buah berserat tinggi yang mampu merangsang sirkulasi darah seperti bawang merah, bawang putih, bawang Bombay, jahe dan cabai merah. Selain itu, konsumsi sumber makanan yang kaya dengan vitamin B kompleks, vit C, vit E, vit B6, magnesium, asam folat, kalsium dan zinc.