Ini Dia Tips Mengatur Keuangan Bulanan

Ini Dia Tips Mengatur Keuangan BulananBagi Anda yang berada dalam usia produktif, setiap bulan tentu kita dihadapi dengan pertanyaan yang sama: gimana caranya supaya gaji cukup (bahkan berlebih) bulan ini??

Ditambah lagi dengan naiknya harga barang kebutuhan pokok, BBM, yang terkadang tidak disertai dengan naiknya gaji. Semua ini membuat kita harus semakin pandai mengelola keuangan kita setiap bulan.

Berikut ini ada beberapa tips untuk membantu Anda memastikan jumlah pengeluaran Anda tiap bulan, dan mengelola gaji Anda agar selalu cukup!

– Buat budget bulanan

Membuat budget bulanan adalah bagian yang krusial dalam mengatur keuangan Anda dan oleh karenanya WAJIB dilakukan. Alokasikan sejumlah budget untuk setiap pos pengeluaran Anda dan keluarga, mulai dari makan, transportasi dan bensin, hiburan, pembayaran cicilan, gaji pembantu, serta biaya sekolah anak (jika ada). Masukkan juga pengeluaran lain-lain, yang mencakup misalnya, biaya parkir, tip-tip, dan pengeluaran lain yang seringkali memakan cukup banyak uang tapi tidak pernah Anda sadari. Untuk membantu Anda membuat budget, Anda bisa menggunakan ‘metode amplop’ yang pernah kami ulas sebelumnya

– Buat catatan pengeluaran setiap hari

Hal ini terdengar sepele, tetapi sangat sulit dilakukan dan sangat membantu Anda menghitung dengan seksama berapa pengeluaran riil Anda setiap bulannya. Apakah harus dicatat setiap hari? Sebenarnya tidak juga, tetapi sebagian orang merasa jika tidak dicatat setiap hari maka ada pengeluaran-pengeluaran yang seringkali terlewakan. Padahal, untuk mengatur budget bulanan Anda dengan cermat, Anda perlu mengetahui dengan seksama, berapa jumlah uang yang Anda keluarkan setiap bulan untuk berbagai kebutuhan Anda. Jika Anda pengguna smart phone, maka ada beberapa aplikasi yang bisa Anda unduh dan digunakan untuk membantu Anda mencatat pengeluaran Anda setiap hari. Aplikasi ini antara lain adalah CashFlow, Spending, Expense Manager, dan banyak lagi. Tapi, Anda pun bisa menggunakan buku catatan atau fitur Notes pada ponsel Anda.

– Gunakan kartu kredit dengan cerdas

Ada asumsi bahwa menggunakan kartu kredit itu sama dengan pemborosan atau menggunakan uang ‘imajiner’ yang akhirnya membuat Anda berhutang. Padahal, jika digunakan dengan cerdas, kartu kredit bisa membantu Anda mengatur keuangan bulanan Anda. Misalnya, Anda bisa mengalokasikan kartu kredit Anda untuk membayar semua tagihan-tagihan Anda, sehingga Anda tahu persis berapa jumlah pengeluaran bulanan Anda. Ketika Anda menerima tagihan kartu kredit, segera lunasi. Dengan demikian, Anda tidak berhutang ke bank dan juga tidak terkena bunga kartu kredit yang relatif tinggi.

Mengatur keuangan bulanan memang gampang-gampang susah, dan terkadang membutuhkan beberapa percobaan, beberapa bulan, beberapa metode sampai Anda menemukan cara yang pas bagi Anda untuk mengelola keuangan bulanan Anda. Semoga tips ini bermanfaat, dan silakan berbagai pengalaman pribadi Anda di bagian komentar ya!