Wah, Ini Dia Efek Jika Anda Terlalu Lama Duduk

Wah, Ini Dia Efek Jika Anda Terlalu Lama DudukSehari-hari bekerja di belakang meja, memang telihat hanya menguras otak saja. Tidak terlalu banyak tenaga yang Anda keluarkan, ketika Anda menjadi pekerja non lapangan. Tapi, percayakan Anda, ancaman kesehatan justru lebih banyak menyerang karyawan yang lebih sering berada di belakang meja. Justru kebanyakan duduk membahayakan kesehatan Anda, sehingga Anda mudah terkena penyakit.

Mengapa demikian? DIlangsir dari webmd, aktivitas duduk yang terlalu lama, misalnya 3 jam tanpa diselingi melakukan aktivitas lainnya, membuat tubuh akan menumpuk lemak lebih banyak. Terlebih, aktivitas duduk ini juga sering diiringi dengan mengkonsumsi aneka ragam cemilan, yang berdampak pada kenaikan berat badan Anda. Ini juga yang menyebabkan mengapa duduk terlalu lama bisa membuat Anda bertambah gemuk.

Duduk terlalu lama akan membuat seseorang merasakan lapar lebih sering dibandingkan jika Anda beraktivitas. Memang, energi yang Anda keluarkan jauh lebih sedikit, namun otak juga akan senantiasa mengirimkan sinyal untuk menyuruh Anda makan. Inilah mengapa, banyak orang yang merasaka kurang jika duduk tanpa mengunyah makanan apapun.

Hal lainnya juga disebutkan oleh webmd, dimana kebanyakan duduk membahayakan kesehatan mental dan kesehatan jantung Anda. Hal ini terkait dengan penurunan aliran darah ke seluruh tubuh saat Anda duduk, karena jantung biasanya beroperasi lebih pelan. Akibatnya aliran darah ke otak pun bisa mengalami penurunan, yang akhirnya mengganggu sistem sirkulasi. Dampak dari gangguan sistem sirkulasi ini adalah masalah jantung dan bisa juga mental, karena akan berpengaruh pada kerja otak.

Sayangnya, sekalipun disebutkan bahwa kebanyakan duduk membahayakan kesehatan, hampir rata-rata pekerja di Indonesia lebih suka duduk di belakang meja disbanding mengeksplor dirinya sebagai orang lapangan. Akhirnya, mereka akan menghabiskan waktu yang lama untuk duduk menyelesaikan tugasnya.

Nah, ini beberapa cara agar aktivitas duduk Anda bisa tetap sehat:

– Usahakan selalu melakukan gerakan-gerakan olahraga kecil saat Anda duduk. Atau, sesekali cobalah berdiri dan melakukan peregangan badan, agar sirkulasi darah Anda lebih lancar.

– Meminta tolong pada OB untuk mengambilkan minum sudah tidak zamannya. Ingatlah, kebanyakan duduk membahayakan kesehatan Anda, jadi apa salahnya jika Anda sendiri yang berjalan untuk mengambil minum?

– Jika Anda memang harus lebih banyak, dan kemudian merasa lapar, hindari cemilan dengan kalori yang tinggi, yang rentan membuat Anda bertambah gemuk.

– Karena kebanyakan duduk  membahayakan kesehatan, maka sebisa mungkin Anda yang bekerja di belakan meja memilih bangku yang dinamis sehingga posisi duduk Anda tidak monoton.

Jika bangku kantor Anda kurang menyamankan tubuh Anda, mungkin Anda bisa menambah aksesoris seperti bantal untuk menganjal punggung, sehingga risiko Anda terkena masalah punggung bisa dihindari.