Cara Menghindari Sleep Paralysis

Cara Menghindari Sleep ParalysisSeringkali, orang yang tidur di malam hari merasakan “tindihen” yakni perasaan sadar dan melihat sesuatu yang menakutkan atau membangkitkan emosi namun tidak bisa bergerak atau bersuara. Dalam istilah medis, istilah ini dinamakan sleep paralysis hamper semua orang pernah mengalami fenomena ini.

Para ahli medis menyatakan sleep paralysis merupakan suatu transisi dari kondisi terjaga menuju alam tidur. Tidak hanya di Indonesia saja rupanya sleep paralysis diidentikkan dengan fenomena hal gaib dan mampu membangkitkan emosi si orang tersebut. Mereka biasanya akan susah berteriak, lumpuh, terhipnotis oleh peri jahat dan sebagainya.

Sebenarnya ini bukanlah penyakit serius, namun jika dibiarkan akan menjadi kebiasaan dan menjadikan orang yang mengalaminya stress atau selalu berada dalam pola piker negatif. Orang yang mengalami hal ini biasanya disebabkan karena kurangnya jam tidur dalam sehari, terlalu lelah karena aktivitas seharian, efek samping obat atau tindakan medis.

Untuk mengatasi sleep paralysis tidak perlu pengobatan medis, namun mengatur kebiasaan hidup teratur termasuk pola tidur Anda. Ada beberapa tips yang mungkin bermanfaat untuk Anda yang sering mengalaminya atau ingin menghindari sleep paralysis ini.

1. Resiko mengalami sleep paralysis cukup besar ternyata saat tidur dengan posisi terlentang ke atas. Jika ingin menghindari, sebaiknya atur posisi tidur menghadap ke samping kanan. Posisi ini membantu kerja jantung tidak terlalu berat dan tidur Anda bisa rileks.

2. Berdoalah sebelum tidur. Doa membantu Anda mensugesti pikiran menjadi positif sehingga saat tidur Anda merasa rileks dan yakin bahwa tidak akan ada gangguan gaib di sekitar Anda atau dalam mimpi.

3. Aturlah jam tidur secara teratur dengan memiliki pola tidur yang tepat.

4. Ciptakan suasana rileks menjelang tidur dengan menghidupkan musik yang lembut agar otak Anda tidak terlalu stress memikirkan sesuatu hal.

5. Hindari pola makan yang tidak sehat dan menjelang tidur hindari makanan minuman yang mengandung kafein, agar Anda tidak memaksa tubuh untuk terlelap tidur.