Beberapa Jenis Pijat yang Bisa Anda Coba dan Rasakan Manfaatnya

Beberapa Jenis Pijat yang Bisa Anda Coba dan Rasakan ManfaatnyaPijat ternyata tidak hanya ada di Indonesia saja, namun di berbagai belahan dunia pun melakoni pijat sebagai media untuk menyehatkan tubuh. Manfaat pijat bisa dirasakan selain tubuh sehat juga menghilangkan pegal dan linu pada persendian. Bahkan  ada juga yang menjalani pijat sebagai relaksasi tubuh agar terbebas dari stress.

Pijat biasanya dilakukan oleh ahli pijat atau terapis. Di beberapa negara pijat juga menjadi sebuah pengobatan penyakit yang khas dan difavoritkan oleh orang-orang. Berbagai jenis pijat ini bisa Anda temukan di Indonesia, China, India, Thailand, Swedia, Jepang, Hawai dan di negara-negara lain. Inilah  beberapa jenis pijat yang bisa Anda coba dan rasakan manfaatnya.

1. Pijat Tradisional Indonesia

Di Indonesia, kita mengenal pijat tradisional urut. Biasanya jenis pijat ini ditemukan di daerah pedesaan atau dilakukan oleh orang-orang tradisional. Pijat ini bisa menyembuhkan berbagai penyakit seperti pegal linu, reumatik, encok, asam urat, keseleo, juga bisa dilakukan untuk bayi dengan pijatan yang lembut.

Biasanya untuk orang dewasa cara pijat urut dengan menekan kuat memakai ibu jari dan telapak tangan di pemijat. Mereka memijat bagian punggung, kaki dan tangan menggunakan minyak zaitun, minyak kelapa atau minyak urut khusus. Setelah melakukan pijatan ini badan terasa lemas namun rasa pegal akan hilang.

2. Pijat Relfeksi China

Negara China terkenal dengan pengobatan tradisional termasuk pijat dengan menekan titik syarat tertentu pada tubuh. Pijat ini dinamakan refleksi menggunakan tangan kosong, kayu, jarum totok, karet atau kayu. Biasanya pemijat menguasi ilmu titik syaraf manusia pada telapak kaki dan telapak tangan. Pijat ini mampu mengobati penyakit jantung, kesuburan, pencernaan atau hanya sebagai refleksi tubuh saja agar lebih relaks.

3. Pijat Shiatsu Jepang

Pijat ini prinsipnya hampir sama dengan pijat refleksi dari China, yaitu memijat pada titik tertentu syaraf manusia. Pijat ini juga harus dilakukan oleh orang yang tahu system syaraf manusia sehingga manfaatnya bisa dirasakan. Pijat ini dilakukan untuk memperbaiki suatu gangguan pada organ tubuh manusia misalnya keseleo, pegal linu, tulang bengkok dan sebagainya. Pijat ini oleh orang awam juga dinamakan sebagai pijat totok karena biasanya menggunakan jarum-jarum yang ditancapkan ke beberapa titik syaraf.

6. Swedish Massage (Pijat Swedia)

Jenis pijat ini terkenal di benua Eropa  sejak abad 19, pertama kali dipopulerkan oleh Per Henrik Ling. Pijat ini dilakukan dengan lembut sebagai relaksasi tubuh, lebih menekankan bagian tulang dan tulang menggunakan telapak tangan si pemijat. Pijat ini biasa Anda temukan di salon spa sebagai metode relaksasi tubuh.

5. French Massage

Terbukti kan bahwa wanita-wanita dari negara Perancis terkenal bertubuh langsing dan terpancar kecantikan alami. Rupanya mereka juga mengenal metode pijat untuk menjaga bentuk tubuh langsing mereka dan menambah aura kecantikan. Pemijatan ini pada prosesnya menggunakan lilin aroma theraphy yang menenangkan, minyak esensial, cream scrub untuk melunturkan lemak di dalam tubuh, membersihkan kulit dari sel kulit mati dan menenangkan pikiran sehingga mempengaruhi aura kecantikan mereka.

6. Hot Stone Massage

Pijatan ini menggunakan media batu panas vulkanik. Batu ini dipanaskan kemudia diletakkan di tubuh sampai batu menghangat. Tujuan meletakkan batu ini adalah melebarkan pembuluh darah untuk melancarkan peredaran darah dan melakukan detoksifikasi yakni mengeluarkan racun tubuh. Pemijat tidak akan sering menekan tubuh yang dipijat, hanya sesekali pada kaki dan tangan saja untuk membantu proses kerja batu. Efeknya, selain tubuh bersih dari racun juga membuat tubuh rileks dan segar.

7. Pijat Thailand

Berasal dari negeri Thailand dengan mengandalkan energi tubuh namun dilakukan dengan lembut. Badan Anda akan ditarik hingga peregangan otot tubuh terdengar, untuk menghasilkan kelenturan otot juga bisanya dilakukan dengan kaki pemijat. Pijatan ini bermanfaat untuk pasangan yang ingin meningkatkan gairah seksual dan membuat tubuh rileks.

8. Pijat ala Hawai

Anda bisa menikmati suasana pantai indah di Hawai sambil melakukan pijatan ala Hawai. Tubuh Anda akan rileks dan rasa pegal dan linu pada tubuh hilang seketika. Pemijatan ini dilakukan dengan menekan tubuh dengan keras menggunakan siku pemijat.