Metode Menghitung Masa Subur

Metode Menghitung Masa SuburSalah satu metode KB adalah  “Pantang Berkala” yang menggunakan metode memperhitungkan masa subur wanita yang berkaitan erat dengan siklus menstruasi. prinsipnya pasangan tidak melakukan hubungan seksual saat masa subur istri sehingga tidak terjadi kehamilan. Untuk meningkatkan keefektifan metode pantang berkala diperlukan kerjasama suami-istri yang ketat, siklus menstruasi yang teratur, dan perhitungan yang cermat. Keuntungan dari metode pantang berkala ini adalah hubungan seksual alami dan kepuasan seks tidak terganggu.

Bagi wanita yang memiliki daur haid 28 hari bisa dengan mudah menghitung masa suburnya. Masa subur setiap wanita tidak sama meskipun daur haidnya sama teraturnya. Biasanya pelepasan sel telur terjadi kurang lebih 14 hari sebelum haid yang akan datang, namun hal tersebut terjadi juga antara hari ke-13 sampai hari ke-15 sebelum haid yang akan datang. Dan yang dianggap hari aman adalah 8 hari pertama dihitung dari hari pertama haid. Sedangkan hari ke-9 sampai ke-18 dianggap tidak aman, namun sesudah hari ke-18 sampai ke-28 dianggap aman lagi.

Bila menginginkan kehamilan, hal yang paling diperhatikan adalah mencari waktu yang tepat untuk konsepsi atau pembuahan. Agar cepat mendapatkan kehamilan, salah satu hal penting yang perlu kita perhatikan adalah waktu terbaik untuk melaksanakan hubungan intim. Kita harus mengetahui masa subur wanita terlebih dahulu. Hal ini penting karena wanita hanya mengeluarkan sel telur pada masa subur. Ini berarti tidak mungkin terjadi kehamilan jika wanita berhubungan intim di luar masa subur karena tidak ada sel telur yang dapat dubiahi oleh sel sperma.

Untuk menghitung masa subur wanita, kita juga bisa menggunakan bebrapa software ovulation calendar yang bisa kita peroleh di www.lisisoft.com, www. softsia.com, www.softpedia.com , dll. Satu hal terpenting dalam penggunaan sistem perhitungan masa subur adalah diperlukannya siklus menstruasi yang teratur. Jadi bagi para wanita dengan siklus menstruasi yang tidak teratur sangat tidak disarankan menggunakan perhitungan masa subur.