Tips Untuk Mengusir Kebosanan

Tips Untuk Mengusir KebosananRasa bosan selalu dirasakan oleh setiap orang yang selalu menjalani aktivitas monoton tanpa perubahan. Hal ini bukanlah hal yang dianggap remeh, karena semakin tinggi tingkat kebosanan seseorang tanpa berusaha untuk menghapusnya, orang tersebut akan mengalami stress yang lumayan parah. Daya kreativitas menurun, daya pikir lemah, tidak punya semangat hidup dan cenderung emosional, tidak fokus pada aktivitas yang sedang dijalani, suka bertingkah aneh diluar kebiasaan adalah beberapa dampak jika kebosanan tidak segera dihilangkan.

Inilah beberapa tips untuk mengusir kebosanan saat sedang menjalankan aktivitas yang monoton.

Istirahat

Istirahat dengan tidur akan membantu melemaskan otot-otot tegang yang menyebabkan kebosanan. Ketika bangun maka Anda akan refres kembali dan semangat untuk memulai pekerjaan. Beristirahat juga tidak selalu dengan tidur, Anda bisa melihat  acara televisi, berenang, mendengarkan musik atau melakukan tamasya. Kegiatan tersebut merupakan penyeling di antara kegiatan Anda yang itu-itu saja tanpa ada tantangan sedikipun alias monoton.

Ganti Pola Pikir

Pola pikir seseorang dalam menjalankan sebuah aktivitas akan berdampak pada kepuasan atau kebosanan. Jika berdampak pada kebosanan bisa jadi Anda memiliki pola pikir yang tidak menyukai perubahan hidup. Anda hanya terfokus pada aktivitas di depan Anda hanya untuk memenuhi kebutuhan jasmani tanpa mempertimbangkan kepuasan batin. Bisa juga Anda mengganti pola pikir yang ragu-ragu dengan sebuah semangat keyakinan bahwa Anda bisa melakukan aktivitas tersebut dengan baik.

Bersosialisasi

Bertemu dengan teman lama, berbincang membicarakan hal baru dapat membunuh rasa bosan secara efektif, terutama Anda adalah si workaholic. Bersosialisasi tidak harus bertemu langsung dengan rekan, jika Anda terlalu sibuk untuk keluar Anda bisa memanfaatkan jejaring sosial. Dari sana ada semacam suntikan ide baru, bahkan juga memacu daya kreatifitas Anda saat bekerja untuk menghasilkan sesuatu yang berbeda dari biasanya.

Menyalurkan hobi

Hobi adalah kesenangan seseorang terhadap sesuatu yang menjadi sebuah kebiasaan wajib yang tidak boleh Anda tinggalkan. Biasanya menyalurkan hobi dapat membunuh bosan dan merefreshkan kembali otak Anda yang mengalami kebuntuan. Cobalah hobi mencoba resek kuliner, membaca buku, shopping, fotografi atau menggambar.

Bisa juga Anda mencari kegiatan menyenangkan di luar kebiasaan Anda. Misalnya  bermain game fun yang biasanya jarang dimainkan, menulis ide-ide yang terlintas menjadi sebuah karya tulis. Visualisasikan apa yang Anda bayangkan saat ini untuk merangkan pikiran dan aksi Anda dalam kehidupan nyata.

Hindari teman membosankan

Memiliki teman membosankan, garing, terlalu serius, tidak memiliki selera humor sedikitpun atau terlalu pendiam di lingkungan aktivitas Anda justru memicu rasa bosan muncul lebih sering daripada Anda yang disibukkan oleh setumpuk kerjaan. Usahakan saat rasa bosan melanda, kunjungi teman yang menyenangkan, lucu dan bisa diajak berbagi dan berdiskusi mengenai hal apapun.