Tips Sukses Jalani Hubungan Pacaran Jarak Jauh

Tips Sukses Jalani Hubungan Pacaran Jarak Jauh

Manusia hanya bisa merencanakan dan Tuhan jualah yang menentukan. Setiap pasangan menghendaki kedekatannya antara satu sama lain, bahkan kalau bisa setiap saat. Namun pada kenyataannya, pacaran jarak jauh (long distance relationship) menjadi suatu alternatif penyelesaian sebuah hubungan, entah karena beda kampus, beda tempak bekerja, tugas kerja dsb. Tipe pacaran jarak jauh terkadang memunculkan hal-hal tertentu yang tidak akan Anda alami pada Tipe pacaran biasa pada umumnya, baik positif (tidak cepat bosan, tidak monoton, memperluas wawasan, memercepat pendewasaan diri) maupun negatif (cemburu, curiga, rentan perselingkuhan, tidak begitu mengenal pribadi pasangan, boros biaya). Berikut ini adalah efektif Tips dalam menjalani tipe pacaran jarak jauh:

1. Rencanakan Waktu Bertemu. Walaupun Anda terpisah oleh jarak yang jauh, Anda harus tetap mengagendakan waktu untuk tetap bertemu dengan pasangan. Entah itu di momen-momen tertentu seperti hari Ultahnya, Hari Lebaran atau sekedar menggunakan waktu-waktu libur kalender untuk saling bertemu, syukur-syukur setiap bulan atau setiap 2 minggu sekali. Karena kalau 1 minggu sekali setiap weekend, Anda mungkin terbebani biaya pulang-pergi dan sekaligus dengan jeda waktu yang tidak terlalu dekat tersebut, Anda bisa memberikan kesempatan pada pasangan untuk bersosialisasi dengan lingkungannya di hari sabtu-minggu. Dan terkadang menjemput pacar di stasiun/bandara akan menjadi sebuah momen yang pasti Anda rindukan. Percayalah!

Keep In Touch

2. Keep In Touch. Tanaman yang hanya ditanam dalam sebuah pot tanpa disiram dan dipupuk lambat laun akan layu juga. Demikian dengan perasaan Anda dan pasangan. Maka usahakan untuk selalu saling ‘menyapa’. Kapan pun itu, dimana pun itu dan apa pun itu. Toh sekarang fasilitas gudget sudah dapat mengakomodasi seluruh kebutuhan Anda dalam hal komunikasi. Anda bisa memberikan perhatian-perhatian kecil dengan sekedar 1) mengirimkan sms berisi, “Pagi Hunny, ayuk sholat subuh dulu, ntar bobo lagi gpp deh : )” atau “Jangan telat maem siang ya, nt maagnya kambuh loh”, dsb. 2) Mengirimkan MMS saat Anda tengah berada di suatu tempat yang unik sambil tuliskan pesan, “Hai…kapan2 kita kesini ya, tempatnya asyik!” 3) Gunakan jaringan internet seperti e-mail dan facebook untuk saling menyapa. 4) Telepon merupakan media yang paling interaktif yang bisa digunakan. Sekedar “Say Hi” bisa Anda lakukan kapan-kapan, namun untuk telepon yang membutuhkan waktu lama bisa Anda pilih waktunya pada jam-jam tertentu atau menggunakan operator telepon yang murah untuk hubungan interlokal.

3. Dekati Lingkungannya. Untuk membangun chemistry yang lebih kuat antara Anda dan pasangan, cobalah untuk membangun kedekatan dengan lingkungannya, baik lingkungan keluarga ataupun teman-teman kantornya. Hal ini akan sangat bermanfaat untuk membuat ikatan yang lebih erat, sehingga membuat pasangan Anda berpikir walaupun berjarak jauh Anda tidak akan pernah ‘asing’ baginya.

kawah putih merupakan Tempat yang Menarik bagi pasangan

4. Update Informasi Tempat-Tempat Menarik. Ada baiknya Anda selalu update informasi seputar tempat-tempat wisata yang mungkin bisa Anda kunjungi bersama pasangan, sehingga akan selalu memberikan hal-hal baru setiap bertemu. Hal-hal baru akan membuat acara pacaran Anda semakin menarik, tidak monoton dan membosankan, misalnya, tempat makan baru dengan menu unik, cineplex XXI yang baru saja dibuka di tempat Anda, dsb.

5. Sambil Menyelam Minum Air. Dengan pacaran jarak jauh, Anda bisa semakin memperkaya wawasan Anda, setidaknya Anda belajar tentang bagaimana suasana kota dimana pacar Anda tinggal, Angkutan apa saja bisa Anda tempuh untuk sampai ke rumahnya, bagaimana kultur dan adat istiadat masyarakat di sana, dsb. Apabila misalnya pacar Anda membutuhkan Anda untuk membawa kendaraan pribadi, setidaknya Anda akan ‘dipaksa’ belajar berani untuk membawanya ke kota pacar Anda tinggal, tentunya dengan mempelajari persiapan yang harus Anda lakukan untuk perjalanan jauh tersebut.

suasana kota dimana pacar Anda tinggal