Tips Mengolah Daging Ayam yang Sehat

Tips Mengolah Daging Ayam yang Sehat

Daging ayam adalah salah satu bahan makanan yang mudah mengolahnya disukai oleh banyak kalangan. Dari anak-anak hingga orang dewasa, masakan dengan bahan dasar ayam sangat digemari. Anda yang sering menyajikan menu masakan berbahan ayam harus lebih selektif dalam memilih produk unggas yang satu ini agar gizinya tetap terjaga dan terhindar dari beberapa penyakit akibat pengolahan dan pemilihan ayam yang salah.

Memilih Daging Ayam

Saat Anda membeli ayam, yang paling aman adalah datang langsung ke tempat pemotongan ayam. Sehingga Anda bisa memilih ayam yang sesuai dengan ukuran yang Anda mau sekaligus menyaksikan sendiri bahwa ayam yang Anda beli masih segar. Hindari membeli ayam dengan kulit warna putih bersih, dagingnya kaku dan tidak terlalu amis, karena dikhawatirkan telah diberi formalin. Hindari juga membeli ayam yang tampak biru, lebam, dan mengeluarkan aroma yang busuk.

Bagian Terbaik Dari Daging Ayam

Sekalipun semua bagian dari ayam dapat Anda nikmati, bagian terbaik dari daging ayam adalah bagian dada. Bagian dada ayam lebih sedikit mengandung lemak dibandingkan bagian paha dan bagian lainnya, terutama bagian kulit. Bagian dada juga mengandung lebih banyak serat dibandingkan bagian paha ayam. Jika Anda ingin menu yang sehat, selalu pilih bagian dada ayam dan buang bagian kulit serta lemak yang menempel pada bagian kulit.

Hilangkan Lemak Dengan Merebus

Karena lemak dalam ayam termasuk lemak yang tidak sehat, maka seperti yang sudah tercantum pada paragraf sebelumnya, sebaiknya Anda membuang bagian kulit ayam. Jika Anda masih memakai paha dan sayap, maka ada cara lain untuk mengurangi kadar lemak yang ada pada daging ayam. Anda bisa merebus daging ayam hingga warna merah muda pucat pada bagian daging hilang. Jika Anda menggoreng ayam, gunakan sedikit minyak dan gunakan minyak jagung atau minyak zaitun.

Memanggang Ayam

Jika Anda suka sajian ayam panggang, sebaiknya Anda menggunakan oven untuk memanggang ayam daripada memakai arang atau pembakar biasa. Agar semua bumbu meresap hingga ke dalam daging ayam, lepaskan ayam dari tulangnya lalu lumuri dengan bahan perendam. Olesi bagian luar daging ayam dengan minyak zaitun sebagai pengganti mentega atau margarin. Dengan begitu, ayam panggang Anda tetap sehat dan lezat. Selamat mencoba!