Tips Mencari Kontraktor yang Jujur

Tips Mencari Kontraktor yang Jujur

Jika anda berencana untuk membangun rumah anda sendiri atau sekedar merenovasi dan membetulkan bagian-bagian yang sudah rusak, tentu saja anda membutuhkan kontraktor yang bisa mewujudkan bangunan rumah yang sesuai dengan keinginan anda.

Seperti yang sudah anda ketahui kalau akhir-akhir ini banyak anda dengar mengenai kontraktor nakal yang membangun rumah anda dengan bahan baku yang murah dan tidak berkualitas sehingga sisa uangnya bisa menjadi milik mereka. Cerita ini tentu mengajarkan anda untuk lebih hati-hati dalam mencari kontraktor yang akan membantu anda mewujudkan rumah impian anda.

Tentu saja tidak semua kontraktor akan nakal dan sejahat itu, karena masih banyak kontraktor yang jujur dan melakukan tugasnya dengan sepenuh hati. Lalu bagaimana kah cara untuk mendapatkan kontraktor yang masih jujur dan tidak mengakali anda? Ini dia beberapa cara yang bisa anda lakukan.

  •  Cari referensi

Sebelum anda memutuskan untuk memakai kontraktor tertentu, sebaiknya tanyakan referensi pada teman, saudara atau kenalan yang pernah memakai kontraktor tersebut. Tanyakan pada mereka kelebihan dan kekurangan yang mereka dapatkan saat menggunakan jasa kontraktor yang akan anda sewa.

  •  Cek dan ricek

Jangan malas untuk mencari tahu dari mana kontraktor yang akan anda sewa itu mendapatkan bahan dasar bangunan. Misalnya anda bisa menanyakan toko mana biasanya mereka membeli, dan cek ke toko tersebut apakah benar mereka sering menjual untuk kontraktor yang anda maksud itu.

  •  Cek hasil kerja mereka

Cari tahu siapa saja yang pernah bekerja dengan mereka dan lihat hasil pekerjaan yang sudah mereka buat. Misalnya mereka pernah bekerja membangun real estate tertentu, cek pada real estate tadi mengenai apa saja kekurangan dan kelebihan hasil kerja mereka.

  •  Sistem pembayaran

Jangan pernah membayarkan 100% uang jasa mereka sebelum bangunan anda selesai semuanya. Anda bisa memberikan uang muka dahulu sebesar 10 – 15% sebagai tanda jadi. Sisanya, anda bisa membayarkan setelah bangunan yang mereka kerjakan selesai 100% dan anda puas dengan hasil kerja mereka.

  •  Rutin berkunjung saat mereka bekerja

Setelah anda menemukan kontraktor yang anda sukai, jangan pernah bosan untuk mengunjungi dan melihat hasil kerja mereka. Sebaiknya anda melihat mereka bekerja tanpa jadwal yang pasti sehingga anda akan melihat kinerja mereka yang sebenarnya.